Unilever Indonesia
Growing Together for Better One
Produk-produk yang ada di PT Unilever
dibagi menjadi 3 kategori:
A.
Food & Beverages : Kecap Bango, Blue
Band, Buavita, Royco,Sariwangi, Walls.
B. Home
Care : Cif,, Domestos Nomos, Pureit,Rinso,
Sunlight, Vixal, Wipol
Di
masing-masing produk dari Unilever sendiri memiliki banyak keunggulan. Salah
satunya terkait dengan banyaknya inovasi dari segi kemasan maupun produk unilever sendiri.
Setiap
tahunnya Unilever rata-rata me-launch atau me-relaunch varian baru setiap
tahunnya, hal ini terkait untuk mempertahankan posisinya di pasar dengan
melakukan banyak inovasi dari segi produk. Produk She, Vaseline,dan Zwitsal
sendiri merupakan contoh produk baru di Unilever sejak akuisisi (pembelian)
Perusahaan Sara Lee setahun yang lalu. Untuk tahap awal, produk seperti
Zwitzal, She, dan produk Sara Lee lainnya diharapkan bisa menyumbang setara 1,5%
dari total omzet Unilever Indonesia pada tahun ini. Namun menurut pendapat dari
Departemen Riset IFT. Saat ini sekalipun Unilever berpendapat kontribusi
pendapatan Sara Lee masih kecil, namun menurut Departemen Riset IFT ada peluang
baik dari produk Sara Lee tersebut Yang Mengasumsikan penjualan Sara Lee
mencapai 1,5% atas penjualan Unilever Indonesia di kuartal I 2012, maka
pendapatan Sara Lee yang disetahunkan diperkirakan mencapai Rp 400 miliar. Ini
merupakan peluang yang sangat baik untuk Unilever .
Pabrik dan Distribusi
Unilever memiliki enam pabrik di Kawasan Industri Jababeka,
Cikarang, Bekasi, dan dua pabrik di Kawasan Industri Rungkut, Surabaya, Jawa
Timur, dengan kantor pusat di Jakarta. Produk-produk Perseroan berjumlah
sekitar 43 brand utama dan 1,000 SKU, dipasarkan melalui jaringan
yang melibatkan sekitar 500 distributor independen yang menjangkau ratusan
ribu toko yang tersebar di seluruh Indoneisa. Produk-produk tersebut
didistribusikan melalui pusat distribusi milik sendiri, gudang tambahan, depot
dan fasilitas distribusi lainnya.
Tak hanya
itu Unilever Global juga menunjuk Indonesia sebagai tempat pendirian pabrik
skin care yang baru di Indonesia. Ini merupakan bukti dari Unilever Indonesia
terhadap kinerjanya. Untuk kategori produk skin care sendiri ada
enam produk ternama yakni Citra, Vaseline, Pond’s, Dove, Lux dan Lifebuoy,
Unilever Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan ini
menghantar Unilever Indonesia menjadi market leader di pasar skin care di Indonesia, dimana pertumbuhan pasarskin care di Indonesia naik rata-rata 10% per
tahun. Bahkan Produk domestic seperti Pond’s dan Citra sudah masuk ke pasar
internasional.
Penghargaan yang
didapat oleh Unilever di tahun 2011 sendiri mencapai 68 penghargaan. Mulai dari
domestik hingga ke kancah internasional. Sungguh jumlah yang fantastis dalam
periode 1 tahun. Bahkan tidak hanya pada 1 brand tetapi pada ke 16 brand produk
Unilever.
Investasi di Unilever
Tentu dengan kapasitas produk besar,
dan sales yang meningkat, nilai investasi di Unilever bisa dinilai sangat baik.
Kita bisa melihat dari
pergerakan harga saham yang terjadi:
Bila melihat dari tabel diatas, kita sudah langsung bisa membaca jumlah dari harga saham meningkat sangat drastis , dari tahun 2002 1820 mencapai 18.900. angka yang sangat menguntungkan untuk pemegang saham.
Kinerja Usaha Tahun 2011
Hasil capaian ini dan strategi
investasi dengan meningkatkan inovasi produk dan menambah jaringan distirbusi.
Selain itu juga disiplin secara finansial.
Penjualan bersih Unilever (miliar rupiah) menunjukkan adanya kenaikan jumlah
tingkat penjualan ,dan ini merupakan nilai yang positif bagi Unilever
Seiring
dengan tingkat penjualan yang meningkat berdampak positif pada laba usaha dari
Unilever
Laba yang didistribusikan kepada pemilik Entitas Induk mengalami kenaikan setiap tahunnya
Prospek bisnis Unilever terbilang sangat bagus, dengan manajemen di masing-masing produk, pabrik yang beroperasi juga lancar, dapat dipastikan penjualan di tahun berikutnya juga akan mengalami peningkatan. Upaya inovasi yang selalu dilakukan oleh Unilever sendiri dapat membawa dampak yang positif bagi perusahaan.Apalagi dengan pendirian pusat pabrik skin care di Indonesia, Indonesia mempunyai peluang besar untuk meningkatkan kualitas dan kinerja perusahaan.
sumber : unilever.co.id
No comments:
Post a Comment